Rabu, 25 Februari 2009

Beras Organik (Hitam , Merah , Coklat dan Putih)

Januari 15th, 2009

MENGAPA BERAS ORGANIK?

Beras organik, beras yang bebas dari pestisida, pewarna dan bahan kimia lainnya, sehingga sangat aman dan sehat dikonsumsi oleh balita, orang dewasa, maupun para manula. Dikarenakan beras atau dalam hal ini nasi merupakan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi sehari-hari maka sangatlah penting untuk memperhatikan keamanan dari makanan pokok kita ini. Bayangkan saja jika dalam setiap butir beras / nasi yang kita makan terkandung zat kimia dari pestisida , pupuk kimia , dll (meskipun sedikit) , bisa dipastikan akan terjadi penumpukan zat kimia di dalam tubuh yang tentunya dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai ringan hingga berat.

Beras organik ada beberapa macam warna yakni, hitam, merah, coklat dan putih.Tak heran kalau masyarakat sering menyebutnya beras herbal. Aroma dan rasa beras organik Indonesia bila sudah dimasak sangat berbeda dibanding beras organik yang berasal dari India, Thailand atau negara lainnya. Beras organik dari Indonesia mempunyai keunggulan rasa lebih enak karena struktur tanahnya. Aromanya harum dan tahan lama penyimpanannya.

Keunggulan Beras Organik dari Beras Un-Organik adalah:

Memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi,
Kandungan glukosa,karbohidrat dan proteinnya mudah terurai,
Aman dan sangat baik dikonsumsi penderita Diabetes,
Aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes,
Baik untuk program diet,
Mencegah kanker,jantung,asam urat,darah tinggi, dan vertigo.
Cara penanamannya pun berbeda dengan beras “biasa” misalnya pengairan sawah tidak boleh dicampur dengan sawah yang menggunakan pupuk maupun pestisida kimia, hal ini berlaku pula untuk proses penggilingan yang juga tidak boleh dicampur dengan beras ‘biasa’.

VARIETAS BERAS ORGANIK BERDASARKAN WARNA


1. BERAS HITAM

Dari sisi khasiat dan gizi ternyata pigmen beras yang berwarna hitam mempunyai khasiat paling baik dibanding beras berwarna lainnya. Beras hitam sangat berbeda dibanding ketan hitam, baik rasa, aroma maupun penampilannya. Sangat spesifik dan unik. Bila sudah dimasak beras hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Rasanya enak dan aromanya menimbulkan selera makan.

Menurut penelitian para ahli, beras hitam mempunyai khasiat:

• Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit

• Memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis)

• Mencegah gangguan fungsi ginjal

• Mencegah kanker/tumor

• Memperlambat penuaan (Antiaging)

• Sebagai Antioksidan

• Membersihkan kolesterol dalam darah

• Mencegah anemia

2. BERAS MERAH

Keunggulan beras merah:

• Mencegah sembelit

• Cocok untuk Diet

• Mencegah berbagai penyakit saluran pencernaan

• Meningkatkan perkembangan otak

• Menurunkan kolesterol darah.

• Mencegah kanker dan penyakit degeneratif.

• Menyehatkan jantung

• Mempunyai kandungan vitamin B1 dan mineral lebih tinggi dari pada beras putih.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Beras Merah:

- Mengandung lebih banyak magnesium, yang sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular (jantung)

- Kaya akan fiber dan asam lemak Kandungan fibernya yang tinggi dapat mencegah sembelit sehingga memperlancar pencernaan. Sedangkan kandungan fiber yang tinggi juga membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet.

- Kaya akan asam amino dan GABA.

Salah satu cara memasak beras merah yang diketahui adalah dengan teknik Gamma-aminobutyric acid (GABA) atau germinated brown rice (GBR) yang dapat meningkatkan hormon pertumbuhan pada manusia.

3. BERAS COKLAT

Warnanya memang coklat, aroma dan rasanya sangat khas,mirip ketan. Brown rice adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal daripada beras putih. Meskipun lebih cepat basi, tetapi brown rice lebih bernutrisi.

Perbedaan Brown Rice dan Beras Putih Sebenarnya antara brown rice dan beras putih biasa tidak terlalu berbeda jauh. Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya. Jika lapisan terluar atau kulit ari/sekam dari biji padi dikupas maka

hasilnya adalah brown rice. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka

hasilnya adalah beras putih biasa.

Beberapa jenis vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan butir padi. Akibatnya, beberapa nutrisi yang hilang seperti vitamin B1, B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel “diperkaya” (enriched). Sementara pada brown rice, satu jenis mineral yang tidak perlu ditambahkan adalah magnesium.


4. BERAS PUTIH

Merupakan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi. Beras Putih Organik jika dibandingkan dengan beras putih Un-Organik sangatlah berbeda, karena rasanya lebih pulen dan lebih wangi. Tidak mengandung pestisida kimia sehingga sangat aman dikonsumsi. Masih memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Info artikel ini dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.

2 komentar:

SYAMSUL mengatakan...

ARTIKEL INI BAGUS SEKALI UNTUK MENAMBAH WAWASAN DAN INFORMASI KITA.

Beras organik mengatakan...

mari kita selamatkan bumi kita dan kita kurangi pemanasan global dengan cara memproduksi organik bebas dari bahan kimia. HIDUP ORGANIK.salam organik. www.berasorganikdelanggu.com